Monday, March 16, 2009

Tv Norita layar gelap


Beberapa hari yang lalu dapat servisan tv cina merek NORITA dengan keluhan layar gelap tapi suara normal.

saya coba buka casingnya kemudian tv saya onkan, dari indkantor yang ada heater nyala(6v), G2 75v, tegangan Katoda R G B (120v-130).
dari indikator tegangan seperti diatas layar seharusnya sudah membuka tapi kenapa kok masih gelap padahal screen sudah di putar max.

beberapa bulan yang lalu saya pernah membaca artikel pada blog www.elektronikrepairguide.com tentang monitor yang tampilannya gelap.
dari situ diterangkan bahwa kemungkinan kerusakan pada kondensator tegangan tinggi pada G2 yang di paralel dengan ground, nilai kondensator itu 102/2kv yang letaknya di blog R G B di belakang CRT.
saya coba terapkan teori artikel di atas dengan mengganti kondensator teg tingginya.
Pada tv norita nilai kondensatornya 202/2kv, alhamdulillah begitu tv di onkan layar langsung membuka.
semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. Wah makasih banget pak atas panduannya.Soalnya sangat membantu saya dalam servis tv.Maklumlah saya pemula.Begini pak saya ada problem neh tv merk Toshiba suara normal tapi gambar/layar agak redup dan gelap.Saya dah coba solder ulang tiap solderan di pcb RGB Nya.Transistor RGB c 2482 dah diganti 3 sekaligus.Soket Crt dah ganti baru.Tapi hasilnya sama aja ngak ada perobahan.Kira 2x apanya ya pak yg perlu diganti.Mhn solusinya.

    ReplyDelete
  2. saya curiga R abl, diurut dari pin flyback, pin yg tdk terhubung dng pin2 lain itu pin ablnya.
    di urut disitu ada R dan c.
    klo tetap ndak bisa coba tabung di restore, skema lihat di zic electronic atau digital mas.

    ReplyDelete
  3. makasih pak atas solusinya.btw,,,,R abl itu ada dimana letaknya,apakah di papan pcb rgb.atau sekitar ply back.trus ada lagi neh pak,merk toshiba juga layar dominan warna merah.sama soket.tr rgb.elco dah ganti yang baru eh malah tetap warna merah.pernah kedua tv tsb saya kasih sama tukang servis tv didaerah saya malah katanya tabung yang rusak mau ganti tabung katanya 350 rban.sya okekan.. eh malah ngak bisa baik tvnya .dasar tukang abal abal kayak saya juga tuh.mhn solusinya lagi ya pak.

    ReplyDelete