Monday, April 27, 2009

Tv sharp QBEAT 20R200


Satu minggu yang lalu saya mendapatkan TV sharp Qbeat type 20R200 dengan keluhan setelah power on led indikantor nyala hijau sebentar kemudian berubah merah dan berkedip2( 2x).
saya coba cek output regulator B+115v, 16v,12v, Tr hor semuanya dalam keadaan normal.
Perkiraan saya kerusakan pada IC memory(EEPROM), setelah coba saya ganti hasil tetap seperti semula tetap proteck.
karena pikiran sudah buntu saya istirahat dulu sambil mengamati papan PCB, disitu saya menemukan switch NOR dan SEV.
saya coba arahkan switch ke SEV dan mengukur teg B+115 ternyata drop tinggal 60v dengan Tr hor dan R kapur panas sekali.
atas saran seorang teman saya di anjurkan mengganti flyback, setelah flyback saya ganti dan tv saya hidupkan mak byak...... layar mau buka.
tapi timbul masalah baru lagi jika switch dipindah ke normal tv proteck lagi, jadi layar cuma mau buka pada posisi sev itupun OSD tidak tampil dan mode servis tidak bisa di set.
tanpa sengaja kemarin saya kepingin nglepas ic program untuk coba saya ganti yg baru,
sebelum saya beli saya cek harga dulu ternyata harganya lumayan mahal.
karena ndak menemukan jalan keluar saya pasang lagi IC progam yg tadi saya lepas.
untung2an tv saya nyalakan lagi dan .............................tv bisa hidup dan tidak proteck lagi.
ini sekelumit pengalaman semoga bermanfaat.
Thank's issy romadona blogspot haved support me.

3 comments:

  1. He he....oke akhirnya jadi postingan juga ya,gali terus pengalaman2 baru mas Yudi!

    ReplyDelete
  2. wah ini namanya mahal membawa sukses

    ReplyDelete