Saturday, March 20, 2010

TV INTEL frequensi selalu bergeser

Tv intel ini menggunakan ic croma TA8690, dimana keluhan si empunya tv bahwa pada saat dinyalakan untuk pertama kali gambar tampak normal tapi beberapa detik kemudian gambar jadi meleot2/tidak bisa ditonton.........

pada saat saya coba memang benar pada saat pertama tv on gambar memang tampak normal untuk beberapa detik tapi suara agak timbul tenggelam
aksi pertama yang saya lakukan cek semua solderan..... apabila sudah dirasa ok, coba tv di onkan kemabli dan hasilnya......masih sama seperti semula.
aksi kedua mempraktekan pengalaman teman2 yang sdh di tulis di blog.......hasilnya juga nihil......waktu auto search channel tidak mau pindah.
karena capek coba sana sini belum ada hasil istirahat dulu ahhh..........
setelah badan terasa fresh pelacakan kerusakan di lanjutkan kembali....coba saya ukur tegangan vt dan tegangan AFT out.
pada channel kosong teg VT menunjukan 0,7v dan AFT OUT 3,2v.......iseng2 saya justment trafo AFT dan teg aft bisa turun ke 1,5v kemudian saya justment trafo IF dan teg bisa 0,7v,coba auto search dan.............hasilnya semua channel bisa tertangkap.
saya sempat kurang yakin saya coba ulangi langkah di atas dan hasilnya memang mak....nyosssssss.......
untuk suara yang timbul tenggelam bisa mengikuti trik kang zaenal.......dengan mengganti kristal 5,5 dengan modifikasi trfo if fm.
salam dan sukses untuk semua...............

4 comments:

  1. Salam kenal kg Wahyudi, setelah saya baca postingan diatas Anda termasuk orang yang ulet tanpa leleh, OK mudah2an sukses selalu

    ReplyDelete
  2. wah. ilmu baru buat saya tu. smoga sukses kang

    ReplyDelete
  3. wow. ilmu baru lagi ni. smoga sukses kang

    ReplyDelete