Tuesday, February 17, 2009

Tip membersihkan layar LCD

Merawat LCD…???
Hmmm… gampang-gampang susah khan :D
Siapa sich yang tidak kenal dengan LCD Screen sekarang ini? Mulai dari gadget kecil hingga LCD TV ukuran raksasa, teknologi ini sudah begitu menyatu dalam kehidupan para pencinta elektronik maupun pengumpul gadget.

Ada 2 Jenis LCD yang umum digunakan :

  1. Clear View atau lebih mudah dikenali dari teksture permukaannya yang licin/gloss, seperti plastik mika.
  2. Matte, permukaan ini bila diraba akan terasa seperti ada teksture-nya dan tidak memantulkan cahaya/Matte.

Untuk jenis yang pertama biasanya digunakan oleh kebanyakan laptop, mungkin untuk membersihkannya tidak terlalu sulit, karena gunakan lap yang agak basah dengan cairan pembersih biasa pun akan sangat mudah untuk dibersihkan.

Namun untuk jenis yang kedua, biasa banyak digunakan pada layar touch screen PDA/Archos touch screen/LCD monitor/ LCD TV. Permukaannya mempunyai tekstur matte dan juga seperti ada pori-pori. Mungkin banyak juga penggunanya yang seringkali agak kesulitan membersihkannya, karena jika kita gunakan cairan pembersih biasa, seringkali meninggalkan noda setelah mengering dan tentunya perangkat mahal pun akan terlihat dekil dan tidak sedap dipandang.

Saya pernah mencoba menggunakan produk dari STP yaitu Son Of A Gun, memang cukup efektif juga menggunakan cairan ini, jika kita menggunakannya dengan merata dan dalam keadaan device kita tsb tidak sehabis dipakai alias dingin. Karakteristik Son Of A Gun ini juga memberikan semacam protective layer pada LCD Screen.

Namun masalah akan muncul jika device tsb. menghasilkan panas, seperti pada LCD TV/PDA/Archos, karena protective layer tsb akan meleleh dan LCD Screen akan seperti lengket…. :( tentunya jika cairan tsb. masuk ke dalam circuit device anda, entah apa jadinya :(

Sekitar bulan Agustus 2008, saya menemukan cairan pembersih head printer (pada mulanya emang saya cari untuk inkjet Epson yang lagi ngadat), setelah baca keterangannya, pembersih ini mempunyai kadar keasaman (pH) yang netral, bisa digunakan untuk membersihkan LCD. Karena penasaran….saya coba untuk membersihkan LCD Monitor, wah….!!! Ternyata emang jadi kinclong, tapi koq sesudahnya LCD Screen terlihat berminyak :o tadinya saya bermaksud me-lap LCD Screen tsb, tapi berhubung ada telepon masuk saya jadi kelupaan. Seteleh sekitar 30 menit kemudian saya baru teringat untuk membersihkannya, tapi…… terlambat sudah…… LCD Screen Monitor yang sudah berumur 3 tahun tsb. kini benar-benar jadi kinclong lagi….. seperti baru buka dari dus…… :D cairan yang tadinya seperti minyak/pelembab tsb. hilang dengan sendirinya…!!! (Tentu dalam hal ini LCD anda sebelumnya dalam keadaan mulus, kalo lecet mah jangan harap bisa mulus lagi).

Dan meski saya tidak dibayar sepeser pun untuk ulasan ini, saya berbagi saja dengan anda, cairan ini bernama Dr. Winston, bisa anda temukan di toko-toko yang menjual inkjet paper, printer, komputer. Harganya sich berkisar Rp.60.000,- untuk 75ml.

Dan saya gunakan juga untuk membersihkan LCD mobile phone/PDA, Casing Computer… ternyata aman… TAPI….hati-hati…!!! Jangan untuk barang yang mempunyai merk sablon…!!! Itu terjadi pada LCD TV 9inch buatan China yang merk-nya disablon oleh importirnya… merk tsb. benar-benar ikut bersih juga….alias terhapus…. :D

Ya kagak salah juga sich…. head inkjet Epson yang mampet aja dia terjang… apalagi tinta sablon… :D

Okay…. selamat mencoba…..

1 comment:

  1. o gitu ya. selama ini aku ngebersihan pda hanya pake kain biasa. untung pda ku belum rusak. aku cari deh Dr. Winston.
    Thanks atas infonya.

    ReplyDelete