Thursday, February 26, 2009

Istilah-istilah pada monitor

CRT
Cathode Ray Tube, jenis monitor yang menggunakan tabung besar sebagai display yang biasanya Anda temukan pada unit TV konvensional.
LCD
Liquid Crystal Display adalah jenis monitor terbaru yang menggunakan bahan cairan kristal dalam membentuk pemampang display di monitor.
TFT
Thin Film Transistor, suatu tipe teknologi dari monitor LCD dimana tiap pixel terhubung langsung dengan komponen transistor.
Pixel
Kependekan dari picture element, dimana merupakan elemen terkecil yang membentuk suatu gambar di dalam suatu monitor.
Colours
Menunjukkan berapa banyak warna yang dapat ditampilkan oleh sebuah monitor. Sampai sekarang kemampuan monitor untuk menghadirkan warna hingga 16,7 milyar warna.
Dithering
Dithering adalah salah satu teknik dari program komputer untuk memprediksi suatu warna tertentu berdasarkan dari pencampuran warna-warna lainnya, ketika warna yang dimaksud tidak ada.
Response Time
Menunjukkan seberapa cepat sebuah monitor bereaksi terhadap interaksi yang mengubah konten grafis di monitor. Contoh perubahan gambar di aplikasi game.
Dot Pitch
Menunjukkan ukuran jarak antara titik pusat dua titik dot pixel yang memiliki warna yang sama. Semakin dekat jarak titik (dot), maka dot pitch makin kecil, dan karena ini gambar yang dihasilkan akan semakin tajam. (PCMedia 03/2009)

No comments:

Post a Comment